top of page

Proses untuk menikmati kopi!!

Oke ini tulisan pertama saya, Bismillah. pertama saya mau ngebahas Kopi, ya kopi yang hitam dan nikmat itu.

Apa sih kopi itu? kopi adalah biji-bijian yang di hasilkan dari tanaman kopi itu sendiri. Pasti kalian pernah melihat bagaimana biji kopi di coffee shop.

Oke mungkin ada yang belum pernah lihat biji kopi matang, biji kopi yang sudah matang di tandai dengan warnanya yang merah seperti darah seperti gambar di bawah ini.

bentuk kopi sebelum di keringkan

Nah gambar di atas adalah Green Bean Coffee (kopi setelah di keringkan) tetapi kopi belum di roasting. kopi yang masih dalam bentuk Green Bean tidak memiliki bau. Tetapi jangan asal sembarangan menyimpan green bean karena jika di simpan berdekatan dengan benda, buah atau apapun itu yang mengluarkan bau, maka Green Bean akan terkontaminasi oleh bau yang ada di sekitarnya.

sedangkan kalau sudah di Roasting, warnanya akan berubah menjadi lebih gelap seperti di bawah ini, kopi yang sudah di roasting mengeluarkan bau yang khas kopi. Kopi yang sudah di Roasting tidak bisa langsung di nikmati, karena harus di simpan dahulu minimal 10 hari, proses ini dimanakan Resting, kenapa harus Resting? karena setelah proses Roasting, biji kopi akan mengeluarkan gas, nah biasanya hingga hari ke-10 barulah gas itu sudah sepenuhnya keluar. Kalau belum selesai masa Resting tapi kopi sudah di seduh gimana? ya rasanya kurang nikmat karena masih ada kandungan gasnya.

Biasanya di Coffee shop selalu mencantumkan Roasting Profile, informasi itu memuat kapan dan proses roasting (Light, Light to medium, Medium, Medium to dark dan Dark roast) yang mungkin nanti akan di bahas lebih mendalam di postingan selanjutnya.

Jadi intinya ada 3 tahap proses kopi untuk bisa di nikmati, yaitu di Petik, Pengeringan, dan Roasting. Oke mungkin itu dulu yang saya share untuk kopi, selanjutnya akan di bahas di tentang jenis-jenis kopi yang ada di Indoensia dan ciri-cirinya.

Terima Kasih atas waktunya.

bottom of page